ANALISIS ATRIBUT-ATRIBUT DAN POSISI OPERATOR GSM (GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE COMMUNICATIONS) BERDASARKAN PREFERENSI PELANGGAN

Boby Canigia, Ferra Yanuar, Dodi Devianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi persaingan operator GSM (Global
System for Mobile Communications) berdasarkan preferensi konsumen di kalangan Mahasiswa Jurusan Matematika UNAND. Penelitian ini menggunakan alat analisis multivariat IPA dan MDS. Dengan menggunakan alat analisis multivariat Importance Performance Analysis (IPA) hasil penelitian yang diperoleh terlihat posisi atribut-atribut
dari masing-masing operator berdasarkan kuadran perbaikannya. Dengan menggunakan
Multi Deminsional Scaling (MDS) hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan posisi masing-masing operator telepon seluler prabayar berdasarkan preferensi
konsumen. Pada spatial map MDS menunjukkan bahwa posisi As dan Simpati yang
bernaung pada perusahaan Telkomsel berada pada posisi yang berdekatan. Artinya
As dan Simpati memiliki kemiripan berdasarkan preferensi Mahasiswa Matematika
UNAND. As dan Simpati tidak memiliki kemiripan terhadap XL, Axis, IM3 dan Tri
yang terlihat dari posisi produk Telkomsel ini yang jauh dari operator lain. IM3, Tri dan
XL memiliki kemiripan yang terlihat dari posisi ketiga GSM ini yang berdekatan. Axis
berdiri sendiri pada dimensi 1 negatif dan dimensi 2 negatif. Artinya Axis tidak memiliki
kemiripan terhadap operator GSM manapun.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.3.4.78-85.2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.