ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN TEKNIK SEM

Fatrika Fahmi, Hazmira Yozza, Izzati Rahmi HG

Abstract


Salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah penganggu-
ran adalah dengan menunjang terbentuknya usaha mandiri masyarakat. Salah satu
perwujudan upaya tersebut adalah dengan meningkatkan minat kewirausahaan pada
masyarakat terutama mahasiswa melalui berbagai kegiatan kewirausahaan. Banyak fak-
tor yang melatarbelakangi tinggi rendahnya minat berwirausaha pada mahasiswa di
antaranya karakteristik, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, kepribadian dan motif
berwirausaha. Faktor-faktor tersebut ada yang dapat diukur secara langsung dan ada
yang tidak. Salah satu analisis statistika yang dapat menganalisis hubungan faktor-faktor
tersebut adalah Structural Equation Modeling (untuk selanjutnya, ditulis SEM). SEM
dapat menganalisis hubungan antara peubah terukur dengan peubah tak terukur melalui
analisis faktor konrmatori dan hubungan antar faktor baik langsung ataupun tidak
langsung melalui analisis jalur. Dari hasil analisis terhadap faktor-faktor yang melatar-
belakangi tinggi rendahnya minat berwirausaha, diperoleh kesimpulan bahwa faktor yang
paling berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Andalas adalah
motif berwirausaha. Sedangkan faktor kedua yang paling berperan adalah lingkungan
sekitar termasuk lingkungan pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.1.2.5-12.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.