PEMILIHAN DISTRIBUTOR OLEH CV. SINAR MATAHARI PARIAMAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN GOAL PROGRAMMING

Fitria Sarah, Dodi Devianto, Bukti Ginting

Abstract


Abstrak. Dalam perindustrian hubungan antara produsen dan konsumen tidak bisa
dipisahkan dengan distributor karena distributor memiliki tugas menyalurkan produk
yang dihasilkan produsen kepada konsumen. Jika peran distributor kurang optimal maka
proses pendistribusian barang kepada konsumen pun kurang maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk menyelesaikan kasus pemilihan distributor dengan studi kasus di CV
Sinar Matahari Pariaman Sumatera Barat. Metode yang digunakan untuk permasalahan
ini yaitu metode Analytical Hierarchy Process untuk pembobotan dan metode Goal pro-
gramming untuk optimasi. Kriteria dan alternatif distributor ditentukan oleh CV Sinar
Matahari dimana terdapat empat kriteria dan lima alternatif distributor dengan bobot
kriteria Permodalan (0.066), Kelayakan Gudang (0.548), Armada Pengiriman (0.151)
dan Tenaga Kerja (0.236) dengan nilai Consistency Ratio antarkriteria dan semua al-
ternatif 0.1 . Dari lima alternatif pilihan tersebut diperoleh 1 distributor yang paling
direkomendasikan yaitu Kandidat 3 disusul dengan prioritas rekomendasi distributor
lainnya yaitu Kandidat 4, 2, 1 dan 5.
Kata Kunci: Analytical hierarchy process, distributor, Goal programming

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.6.4.64-71.2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.