ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) LULUSAN S-1 MATEMATIKA FMIPA UNAND DENGAN MENGGUNAKAN METODE CHAID

DONI PUTRA, IZZATI RAHMI HG, YUDIANTRI ASDI

Abstract


Prestasi belajar merupakan hasil pencapaian yang maksimal menurut kemampuan seseorang pada waktu tertentu pada sesuatu yang dipelajari, dikerjakan, dimengerti, dan diterapkan. Pengukuran akan capaian prestasi belajar seseorang dalam perguruan tinggi ditetapkan dalam bentuk Indeks Prestasi Semester (IPS) dengan skala 0 − 4 tiap semesternya yang nantinya akan dikalkulasikan menjadi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di akhir masa perkuliahan. Berdasarkan hasil Data Wisuda Jurusan Matematika tahun 2016 − 2018, lulusan banyak terdapat pada selang 3 ≤ IPK < 3.5. Di samping itu, lulusan dengan IPK selang 3.5 ≤ IPK ≤ 4 masih sedikit sekali jika dibandingkan dengan lulusan yang mempunyai IPK selang 3 ≤ IPK < 3.5. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Lulusan S-1 Jurusan Matematika FMIPA Unand dilakukan suatu penelitian dengan metode klasifikasi berstruktur pohon menggunakan metode CHAID (Chi-Square Automatic Interaction Detection). Objek penelitian ini adalah Lulusan S-1 Jurusan Matematika FMIPA Unand. Berdasarkan analisis CHAID yang telah dilakukan, terdapat empat faktor yang paling berpengaruh terhadap IPK lulusan yaitu perpustakaan, kesempatan untuk berinteraksi dengan dosen di luar jadwal kuliah, ketuntasan materi perkuliahan, dan kondisi umum belajar.

Kata Kunci: Prestasi belajar, Selang IPK, Uji Khi-Kuadrat (χ 2 ), Metode Berstruktur Pohon, Metode CHAID


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.9.3.214-221.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.