MODEL OUTPUT STATISTICS DENGAN PRINCIPAL COMPONENT REGRESSION, PARTIAL LEAST SQUARE REGRESSION, DAN RIDGE REGRESSION UNTUK KALIBRASI PRAKIRAAN CUACA JANGKA PENDEK

NISWATUL QONA’AH, HASIH PRATIWI, YULIANA SUSANTI

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya pengembangan Model Output Statistics (MOS) yang akan digunakan sebagai alat kalibrasi prakiraan cuaca jangka pendek. Informasi mengenai prakiraan cuaca yang akurat diharapkan dapat meminimalkan risiko kecelakaan yang disebabkan oleh cuaca, khususnya dalam bidang transportasi udara dan laut. Metode yang akan dikembangkan mencakup beberapa stasiun pengamatan cuaca di Indonesia. MOS merupakan sebuah metode berbasis regresi yang mengoptimalkan hubungan antara observasi cuaca dan luaran model Numerical Weather Predictor (NWP). Beberapa masalah yang muncul kaitannya dengan MOS adalah; mereduksi dimensi luaran NWP, mendapatkan variabel prediktor yang mampu menjelaskan variabilitas variabel respon, dan menentukan metode statistik yang sesuai dengan karakteristik data, sehingga dapat menggambarkan hubungan antara variabel respon dan variabel prediktor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan pemodelan MOS yang sesuai untuk variabel respon suhu maksimum, suhu minimum, dan kelembapan udara. Metode regresi yang digunakan adalah Principal Component Regression (PCR), Partial Least Square Regression (PLSR), dan ridge regression. Selanjutnya, model MOS yang terbentuk divalidasi dengan kriteria Root Mean Square Error (RMSE) dan Percentage Improval (IM%). MOS mampu mengoreksi bias prakiraan NWP hingga lebih dari 50%. Berdasarkan RMSE terkecil pada penelitian ini, suhu maksimum lebih akurat diprakirakan menggunakan model PLSR, sementara suhu minimum dan kelembapan udara lebih akurat diprakirakan menggunakan ridge regression.

Kata Kunci: cuaca, MOS, NWP.


Full Text:

PDF

References


BMKG, Laporan Kegiatan Pengembangan Model Output Statistik (MOS) untuk Pemodelan Prakiraan Cuaca Jangka Pendek, Jakarta, 2005.

BMKG, Laporan Kegiatan Uji Operasionalisasi dan Validasi Model Output Statistik (MOS), Jakarta, 2006.

Safitri, R., Model Output Statistics dengan Projection Pursuit Regression untuk Meramalkan Suhu Minimum, Suhu Maksimum, dan Kelembapan, Jurnal Sains dan Seni ITS, vol.1, no.1, 2012

Wigena, A. H., Permodelan Statistical Downscaling dengan Regresi Projection Pursuit untuk Peramalan Curah Hujan Bulanan (Kasus Curah hujan bulanan di Indramayu), https://123dok.com/document/dzx87rvq-permodelanstatistical-downscaling-regresi-projection-peramalan-bulanan-indramayu.html (accessed Jun. 15, 2021).

Idowu, O. S. and Rautenbach, C. J., Model Output Statistics to improve severe storms prediction over Western Sahel, Atmos. Res., 2008, doi: 10.1016/j.atmosres.2008.10.035.

Wilks, D. S., Statistical Methods in the Atmospheric Sciences Second Edition, vol. 14, no. 2. London: Elsevier, 2007.

Jolliffe, I. T., Principal Component Analysis, Second Edition, Encycl. Stat. Behav. Sci., vol. 30, no. 3, p. 487, 2002, doi: 10.2307/1270093.

Draper, N. R. and Smith, H., Applied Regression Analysis Third Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York, 1998.

Wold, S., Sjstrm, M., and Eriksson, L., PLS-regression: A basic tool of chemometrics, in Chemometrics and Intelligent Laboratory Systems, Oct. 2001, vol.

, no. 2, pp. 109130, doi: 10.1016/S0169-7439(01)00155-1.

Feldmann, K. and Thorarinsdottir, T., Statistical Postprocessing of Ensemble Forecasts for Temperature: The Importance of Spatial Modeling, 2012, [Online]. Available: http://www.nr.no/ thordis/files/Feldmann2012.pdf.

Mller, A., Multivariate and spatial ensemble postprocessing methods submitted to the Combined Faculties for the Natural Sciences and for Mathematics of the Ruperto-Carola University of Heidelberg , Germany for the degree of Doctor of Natural Sciences put forward by, no. July. Germany: Ruperto-Carola University of Heidelberg, 2018.




DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.10.3.355-368.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.