ANALISIS EPISTIMOLOGI OBSTACLES TERHADAP SISWA SMP KELAS VII DENGAN MATERI STATISTIKA (PENYAJIAN DATA)

BERLIANA NUR RAHMAH, SAMSUL MAARIF

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sebuah hambatan epistimologi siswa sekolah menengah pertama pada materi statistika (penyajian data). Penelitian ini menggunakan tiga indikator, yaitu hambatan konseptual, hambatan prosedural, dan hambatan teknik operasional. Penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Pada penelitian ini subjek yang digunakan adalah siswa kelas VII SMPIT AT-TAUFIQ sebanyak 30 siswa yang telah mempelajari materi Statistika. Penelitian menggunakan teknik analisis yang mengidentifikasi hasil jawaban siswa. Ditemukan 6 siswa mengalami hambatan epistimologi yang serupa, sehingga bisa dijadikan sebagai dasar bagi guru untuk memperbaiki.

Kata Kunci: Hambatan konsep, Hambatan prosedur, Hambatan teknik, Statistika


Full Text:

PDF

References


Adiwinata, R., Masykur, R., Putra, R. W. Y. (2017). Learning Obstacle untuk Siswa SMP Materi Tabung dan Kerucut. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 507 - 513

Widyantini, M. S. (2010). STATISTIKA SMP. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta.

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.887

Fabbris, L. (1986). The Teaching of Statistics and Probability in The Italian Junior High School. ICOTS 2.

Fahrilianti, Wahyuni, A. Rozak. (2019). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Seminar Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Wiralodra, September, 34 - 39.

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 120.

Maarif, S., Perbowo, K. S., Noto, M. S., Harisman, Y. (2019). Obstacles in Constructing Geometrical Proofs of Mathematics-Teacher-Students Based on Boeros Proving Model. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012043

Maarif, Samsul, Perbowo, K. S., Kusharyadi, R. (2021). Depicting Epistemological Obstacles in Understanding the Concept of Sequence and Series. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(1), 66. https://doi.org/10.30738/indomath.v4i1.9339

Maarif, Samsul, & Setiarini, R. N. (n.d.). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 4185, 7289. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 3, 2847.

Pangestika, M., Sary, R. M., Wakhyudin, H. (n.d.). Learning Obstacle Pada Materi Statistika. 323335.

PISA. (2015). Pisa 2015 Result In Focus. PISA, 853, 32.

Pujiwidodo, D. (2016). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan MAtematika. SNMPM, III(2), 2016.

Sopamena, P. (2018). Matematika dan era Globalisasi. Prosiding SEMNAS Matematika dan Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 911.




DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.10.4.510-518.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.