ANALISIS MATEMATIKA PADA EFEKTIVITAS VAKSIN MENGENDALIKAN PENYEBARAN COVID-19 DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Hamidah Nasution, Febi Alamsyah, Nurul Maulida Surbakti

Abstract


Abstrak. Severe Acute Respiratory Syndrome Corona-virus 2 (SARS-CoV-2) atau
lebih dikenal Covid-19 adalah virus menular yang sangat berbahaya dan menular dengan cepat. Penyebaran Covid-19 terus menjadi tantangan global yang signifikan dan dapat menimbulkan kematian. Vaksinasi menjadi strategi penting dalam upaya mengendalikan penyebaran penyakit Covid-19 ini. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan efktivitas vaksinasi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan adalah melalui pengembangan dan analisis model matematika yang mempertimbangkan faktor-faktor kunci yang mempengaruhi penyebaran penyakit. Dalam model ini, kami menggabungkan parameter vaksinasi dengan variabel-variabel terkait penyebaran penyakit seperti tingkat kontak sosial, kekebalan populasi, dan faktor risiko lainnya. Vaksinasi dilakukan terhadap populasi rentan, Hasil evaluasi menunjukkan bahwa vaksinasi memiliki peran yang signifikan dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara. Dengan menggunakan model matematika, dapat memprediksi dampak vaksinasi terhadap penurunan jumlah kasus, tingkat kesembuhan, dan tingkat kematian terkait Covid-19. Selain itu, kami juga menganalisis skenario vaksinasi yang berbeda untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam mengurangi
penyebaran penyakit Hasil penelitian menunjukkan semakin besar populasi rentan
yang divaksin akan memperlambat laju penularan sehingga mengurangi populasi terinfeksi. Analisis dari hasil simulasi menunjukkan bahwa 75% jumlah populasi di Provinsi Sumatera Utara melaksanakan vaksinasi memberikan penurunan jumlah populasi terinfeksi yang signifikan, grafik populasi terinfeksi turun melandai menuju nol, artinya kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara dalam kurun waktu tertentu berkurang secara signifikan, Covid-19 bukan pandemi lagi. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang berorientasi pada vaksinasi dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.


Keywords


Covid-19, Kestabilan, Matlab, Model SEIR, Vaksinasi

Full Text:

PDF

References


WHO,”Transmisi SARS-CoV-2: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi”, Pernyataan keilmuan, 2020.

Mona, Nailul, 2020, Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia), Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Volume : 2, no. 2.

Yanti, Etri, 2020, Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas Saintika, Volume : 2, no. 1.

Nasution, H., Sitompul, P., and Sinaga, L., 2021, Effect of the Vaccine on the Dynamics of Speread of Tuberculosis SIRModels, IOP Conf. Series, Journal of Physics, 1819.

Sari, Pitaloka, I., dan Sriwidodo, 2020, Perkembangan Teknologi Terkini dalam Mempercepat Produksi Vaksin Covid-19, Majalah Farmasetika, Volume : 5, no. 5, pp. 204–217.

Hill, E.M., dkk, 2019, PLoS Comput Biol. Volume : 15(10).

Nasution, H and Sinaga, M, 2020, Mathematical Model Susceptible, Infected and Recovered with Therapy of Tuberculosis Transmission, IOP Conf. Series, Journal of Physics 1462.

Nasution, H., Herlina, J., et al, 2020, Sys Rev Pharm, Volume : 1(2), pp. 685–689.

Asmaul, L. F., 2021, Analisis Pemodelan Matematika Penularan Covid-19 dengan Tindakan Rawat Inap di Rumah Sakit, Jurnal Ilmiah Matematika, Volume : 9, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.25077/jmua.12.3.229-243.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Matematika UNAND

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.