APLIKASI ANALISIS KONJOIN DENGAN MODEL REGRESI LOGISTIK DALAM MENGUKUR PREFERENSI MAHASISWA DALAM MEMILIH HANDPHONE

Utami Fauzi

Abstract


Perkembangan jumlah pengguna handphone di Indonesia bisa dikatakan
cukup fantastis. Hal ini meningkatkan persaingan antara pengusaha industri handphone.
Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, maka produsen handphone harus memiliki ketelitian dalam melihat preferensi konsumen dalam memilih handphone. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih handphone dengan menggunakan metode Choice-based conjoint.
Choice-based conjoint merupakan salah satu metode analisis konjoin untuk membentuk rancangan kombinasi atribut yang digunakan pada kuisioner. Hasil pilihan responden tersebut akan dimodelkan sebagai peubah-peubah dalam percobaan menggunakan
model logit. Pada makalah ini terdapat 5 peubah bebas yang merupakan atribut-atribut
yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih handphone, yaitu lama garansi,
harga, ukuran layar, jumlah memori RAM yang tersedia, dan ketajaman kamera yang
ditawarkan oleh masing-masing produk handphone.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25077/jmu.3.1.132-139.2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Matematika UNAND



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.